Skip to main content

Keistimewaan agama islam : Al-qur'an



(khusus orang islam) kalian pasti ketika ditanya tentang agama, pasti kalian akan menjawab 'islam' bener kan? Padahal pernah nggak sih kepikiran dalam benak kalian? kenapa kalian beragama islam? apa karena kalian dari lahir udah islam? apa karena orangtua kalian islam? apa cuma gara-gara ikut-ikutan mayoritas? banyak banget di dunia ini, apalagi di indonesia yang cuma islam KTP doang.. tapi kelakuannya nggak ada islam-islamnya sama sekali.. karena itu aku mau mencerahkan pemikiran kalian sedikit. Oke, islam.. apa sih yang kalian ketahui tentang islam? 'islam itu mengajarkan kebaikan' loh, emangnya agama lain nggak mengajarkan kebaikan? 'islam itu mengajarkan beribadah, sedekah, mengasihi satu sama lain' loh, emangnya agama yang lain nggak kaya gitu? trus kalo gitu kenapa kalian milih islam? apasih istimewanya? pertama, kalo dipikir pake logika mungkin 'semua agama itu sama aja' bener kali ya? tapi islam itu berbeda, islam itu agama yang paling benar diantara yang benar, aku tidak bilang agama yang lain salah.. coba kita lihat dari mukjizat yang terbesar dan paling istimewa dalam islam, yaitu Al-Qur'an.. Allah telah menghendaki kemukjizatan alqur'an yang sangat besar, banyak yang bisa kita dapat dari sana.

1. Al-Qur'an tidak akan berubah sampai akhir zaman.

naah, kalo kita pikir buku sebagus apapun kalo misalnya jadi 'best seller' dari beberapa generasi otomatis logikanya akan berubah seiring perubahan jaman, bener nggak? kita bisa liat contohnya UUD 1945, awalnya emang murni tapi tiba-tiba diamandemen karena adanya perubahan jaman, bener nggak? kalo kitab agama lain? aku nggak tau yaa, tapi aku sempet liat kitab suatu agama pas taun 1800an sama taun 2000an beda.. kenapa bisa? Yaah, karena itu.. ngikutin perkembangan jaman, tapi alqur’an? Nggak.

2. Al-Qur’an universal.

Al-qur’an itu cuma 1 bahasa yaitu bahasa arab dan alqur’an itu bisa dipake dimana-mana, mau di indonesia, Asia, Eropa, Amerika, Australia, pokoknya dari ujung belahan dunia sampe ke ujung belahan dunia yang lain bahasanya sama! Kalo bahasanya sama, otomatis nggak ada keraguan lagi dong antara 1 kitab dengan kitab yang lain? ;) arti dan maknanya juga sama, bener kan?

3. Al-Qur’an itu gampang dihafal.

Kalo yang satu ini kita nggak akan tau kalo nggak ngebuktiin secara langsung, percaya deh sama aku ‘Islam itu adalah agama yang paling banyak orang bisa menghafal kitabnya’ coba kalo diliat, berapa banyak hafidz yang udah hafal al-qur’an 1 buku penuh? Ratusan? Bukan, ribuan? Bukan, jutaan bahkan sampai milyaran mungkin.. itulah keistimewaannya, berbeda dengan yang lainnya.. misalnya kita menghafal Pkn contohnya, paling kita Cuma inget kunci-kunci yang penting doang, atau istilahnya pokok pikirannya lah :p tapi alqur’an? Walaupun orang nggak tau artinya, nggak tau pokok pikirannya, nggak tau ayat mana yang lagi dibaca, seandainya dia masih bisa membaca alquran pasti dia bisa menghafalnya.. dan lagi mengahafal alquran itu lebih cepet dibandingkan kita menghafal essay..

4. Al-Qur’an itu nggak belibet-libet.

Haha, kita itu biasanya kalo lagi baca tulisan pasti kadang suka keseleo lidahnya, ato nggak belibet, apalagi kalo disuruh nyeritain.. kadang suka kebalik-balik, bener nggak? Tapi kalo alquran itu beda, kalo misalnya ditanya ‘coba baca surah al-waqi’ah’ dan kalo misalnya kita hafal tapi masih belibet, bilang aja ‘depannya apa?’ trus dijawab ‘izaa waqo’atil waaqi’ah’ trus baru deh bisa kita lanjutin sampe abis.. aku belom pernah denger misalnya ada orang yang nanya ‘coba sebutin bunyi pasal 7!’ trus ditanya ‘depannya apa?’ dijawab ‘presiden dan wakil presiden.’ Trus orang itu nyebut deh tuh pasal 7, 7A, 7B tanpa ada 1 kata pun yang kelewat ato nggak salah sama sekali. Aku belom pernah liat yang kaya gitu..

Sebenernya banyaak banget keistimewaan dalam agama Islam yang nggak dimiliki oleh agama lainnya, tapi kalo misalnya dikaji ato nggak ditulis bisa kali sampe 1 buku tebel yang gede -_-‘ ini Cuma sekilas aja siih.. ohiya 1 lagi, kalo abis baca tolong tinggalkan komentar yaa ato nggak minimal join laah sama website ini ;p #sekalianpromo

Comments

Popular posts from this blog

Work Hard until Your Idols become Your Rivals

"Work Hard until Your Idols become Your Rivals" " Kerja keras, sampe orang yang menginspirasi lu ngefolbek elu,wkwk. Itu yang gue alamin, mulai dari nol, ketika gue masih awam sama handlettering, ngeliat jagoan-jagoan yang karyanya masya Allah 😂. Trus ikutan meetup sampe kenal beberapa jagoan. Trus mulailah latihan dan mengasah skill terus menerus setiap hari, gaada bosennya, sampe satu-persatu para jagoan yang gue respect ke mereka mulai ngefollow gue, kita suka dm-an, dan bahkan jagoan yang nggak gue pikir bakal ngefollow gue akhirnya pun ngefollow gue. Padahal gue gaada seujung jempol sama skill dan pengalaman dia. Semuanya butuh proses dan kerja keras. Makasih banyak untuk semua jagoan yang terus menginspirasi gue sampe sekarang. Mudah-mudahan gue juga bisa menginspirasi orang lain juga kaya kalian semua. Gue mau ngetag satu-satu tapi kayaknya kebanyakan wkwk 😂. Untuk kalian yang masih berusaha, tetaplah berusaha, jangan pernah berhenti, kita menunggu kalian u

Definisi dari "Collect Moments not Things"

Jika ada orang yang bertanya siapa yang orang pertama yang kamu cintai dalam senior residents, mungkin aku akan memilih orang ini sebagai yang pertama dan terakhir. Karena tanpa dia aku bukan siapa-siapa, Bertahun-tahun menjadi pemimpin dari sebuah organisasi baru kali ini ngerasa memiliki partner yang "klop" dan aku merasa bahwa aku adalah salah satu orang yang paling beruntuk ketika bertemu dengannya. Perempuan ini tidak terlalu cantik menurut aku (karena banyak temen-temen aku yang menurut aku jauh lebih cantik), perempuan ini tidak terlalu baik juga (karena terkadang suka ngomel-ngomel) tapi luar biasanya perempuan ini tempat bercerita, brainstorming, tempat minta saran, juga tempat meluapkan kelelahan-kelelahan selama aku menjadi seorang senior residents, entah kenapa kalo aku lagi lelah dan jenuh sama tugas-tugas kuliah atau organisasi diluar, pas ada kumpul senior residents dan aku ngeliat ada dia disana itu udah cukup menghilangkan kejenuhan aku selama seharian, da

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p "Simple Is Beautiful" ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?" nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini.. yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan.. kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu y