Skip to main content

Keistimewaan agama islam : Al-qur'an



(khusus orang islam) kalian pasti ketika ditanya tentang agama, pasti kalian akan menjawab 'islam' bener kan? Padahal pernah nggak sih kepikiran dalam benak kalian? kenapa kalian beragama islam? apa karena kalian dari lahir udah islam? apa karena orangtua kalian islam? apa cuma gara-gara ikut-ikutan mayoritas? banyak banget di dunia ini, apalagi di indonesia yang cuma islam KTP doang.. tapi kelakuannya nggak ada islam-islamnya sama sekali.. karena itu aku mau mencerahkan pemikiran kalian sedikit. Oke, islam.. apa sih yang kalian ketahui tentang islam? 'islam itu mengajarkan kebaikan' loh, emangnya agama lain nggak mengajarkan kebaikan? 'islam itu mengajarkan beribadah, sedekah, mengasihi satu sama lain' loh, emangnya agama yang lain nggak kaya gitu? trus kalo gitu kenapa kalian milih islam? apasih istimewanya? pertama, kalo dipikir pake logika mungkin 'semua agama itu sama aja' bener kali ya? tapi islam itu berbeda, islam itu agama yang paling benar diantara yang benar, aku tidak bilang agama yang lain salah.. coba kita lihat dari mukjizat yang terbesar dan paling istimewa dalam islam, yaitu Al-Qur'an.. Allah telah menghendaki kemukjizatan alqur'an yang sangat besar, banyak yang bisa kita dapat dari sana.

1. Al-Qur'an tidak akan berubah sampai akhir zaman.

naah, kalo kita pikir buku sebagus apapun kalo misalnya jadi 'best seller' dari beberapa generasi otomatis logikanya akan berubah seiring perubahan jaman, bener nggak? kita bisa liat contohnya UUD 1945, awalnya emang murni tapi tiba-tiba diamandemen karena adanya perubahan jaman, bener nggak? kalo kitab agama lain? aku nggak tau yaa, tapi aku sempet liat kitab suatu agama pas taun 1800an sama taun 2000an beda.. kenapa bisa? Yaah, karena itu.. ngikutin perkembangan jaman, tapi alqur’an? Nggak.

2. Al-Qur’an universal.

Al-qur’an itu cuma 1 bahasa yaitu bahasa arab dan alqur’an itu bisa dipake dimana-mana, mau di indonesia, Asia, Eropa, Amerika, Australia, pokoknya dari ujung belahan dunia sampe ke ujung belahan dunia yang lain bahasanya sama! Kalo bahasanya sama, otomatis nggak ada keraguan lagi dong antara 1 kitab dengan kitab yang lain? ;) arti dan maknanya juga sama, bener kan?

3. Al-Qur’an itu gampang dihafal.

Kalo yang satu ini kita nggak akan tau kalo nggak ngebuktiin secara langsung, percaya deh sama aku ‘Islam itu adalah agama yang paling banyak orang bisa menghafal kitabnya’ coba kalo diliat, berapa banyak hafidz yang udah hafal al-qur’an 1 buku penuh? Ratusan? Bukan, ribuan? Bukan, jutaan bahkan sampai milyaran mungkin.. itulah keistimewaannya, berbeda dengan yang lainnya.. misalnya kita menghafal Pkn contohnya, paling kita Cuma inget kunci-kunci yang penting doang, atau istilahnya pokok pikirannya lah :p tapi alqur’an? Walaupun orang nggak tau artinya, nggak tau pokok pikirannya, nggak tau ayat mana yang lagi dibaca, seandainya dia masih bisa membaca alquran pasti dia bisa menghafalnya.. dan lagi mengahafal alquran itu lebih cepet dibandingkan kita menghafal essay..

4. Al-Qur’an itu nggak belibet-libet.

Haha, kita itu biasanya kalo lagi baca tulisan pasti kadang suka keseleo lidahnya, ato nggak belibet, apalagi kalo disuruh nyeritain.. kadang suka kebalik-balik, bener nggak? Tapi kalo alquran itu beda, kalo misalnya ditanya ‘coba baca surah al-waqi’ah’ dan kalo misalnya kita hafal tapi masih belibet, bilang aja ‘depannya apa?’ trus dijawab ‘izaa waqo’atil waaqi’ah’ trus baru deh bisa kita lanjutin sampe abis.. aku belom pernah denger misalnya ada orang yang nanya ‘coba sebutin bunyi pasal 7!’ trus ditanya ‘depannya apa?’ dijawab ‘presiden dan wakil presiden.’ Trus orang itu nyebut deh tuh pasal 7, 7A, 7B tanpa ada 1 kata pun yang kelewat ato nggak salah sama sekali. Aku belom pernah liat yang kaya gitu..

Sebenernya banyaak banget keistimewaan dalam agama Islam yang nggak dimiliki oleh agama lainnya, tapi kalo misalnya dikaji ato nggak ditulis bisa kali sampe 1 buku tebel yang gede -_-‘ ini Cuma sekilas aja siih.. ohiya 1 lagi, kalo abis baca tolong tinggalkan komentar yaa ato nggak minimal join laah sama website ini ;p #sekalianpromo

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p
"Simple Is Beautiful"
ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?"
nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini..
yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan..

kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu yang simpe…