Skip to main content

Posts

Definisi dari "Collect Moments not Things"

Jika ada orang yang bertanya siapa yang orang pertama yang kamu cintai dalam senior residents, mungkin aku akan memilih orang ini sebagai yang pertama dan terakhir. Karena tanpa dia aku bukan siapa-siapa, Bertahun-tahun menjadi pemimpin dari sebuah organisasi baru kali ini ngerasa memiliki partner yang "klop" dan aku merasa bahwa aku adalah salah satu orang yang paling beruntuk ketika bertemu dengannya.


Perempuan ini tidakterlalu cantik menurut aku (karena banyak temen-temen aku yang menurut aku jauhlebih cantik), perempuan ini tidak terlalu baik juga (karena terkadang sukangomel-ngomel) tapi luar biasanya perempuan ini tempat bercerita,brainstorming, tempat minta saran, juga tempat meluapkan kelelahan-kelelahanselama aku menjadi seorang senior residents, entah kenapa kalo aku lagi lelahdan jenuh sama tugas-tugas kuliah atau organisasi diluar, pas ada kumpul seniorresidents dan aku ngeliat ada dia disana itu udah cukup menghilangkan kejenuhanaku selama seharian, dan aku senen…

Kesan dan Pesan dari anak Alfath gen 3

1.Lebih aktif di alfath 2.Kocak 3.Semangat dakwah di manapun yaa 4.Bingung..hmmzz 5.Jangan alay!! Wkwk 6.Sus ajarin ini (handlettering) sus 7.Keep istiqomah yaa sus 8.Marsus! Bertalenta lanjutkan dakwah kreatif dengan talenta besarmu! 9.Tetap semangat! Tetap berkarya! Ntaps 10.Lebih sering berkarya buat alfath juga dong 11.Makasih udah sharing ilmunya! Jazakallah khoiron katsiron! 12.Tetap semangat, salam darah muda! 13.Master handlettering! Semangat terus dakwahnya!! Keep istiqomah 14.Best MC 15.

Islam Liberal, syarat mutlak.

Okee, dari judulnya aja udah clickbait yak? wkwk jadi ginii, judul sebenernya itu yang mau ditulis "Syarat mutlak menjadi islam liberal" tapi entah kenapa pas ditulis buat judul enakan yang kaya gitu hahah. Okee kita mulai ke curhatan dan perbincangan yang penting ga penting dari aku.

Pertama, mungkin kalian bertanya-tanya kenapa aku nulis kaya gini? jadi gini, berawal dari keresahan aku (biasa lah yaa.) yang ngerasa sekarang "pemikiran islam liberal" udah mulai masuk ke tubuh masyarakat indonesia, bukan cuma secara perlahan tapi udah mulai secara terang-terangan. Apalagi semenjak muncul orang yang ngakunya dari ketua "Jaringan Islam Anti Diskriminasi (aku singkat jadi JIAD)" dan aku pun sempet baca blog-nya sampe hampir abis, yang akhirnya kesimpulan yang aku dapet dari orang ini yaa gitu, liberal dianya.

Oke, kita mulai mengkaji secara gamblang dan satu arah. Liberal secara umum menurut KBBI artinya "bersifat bebas" atau "berpikiran bebas…

Work Hard until Your Idols become Your Rivals

"Work Hard until Your Idols become Your Rivals"

"Kerja keras, sampe orang yang menginspirasi lu ngefolbek elu,wkwk. Itu yang gue alamin, mulai dari nol, ketika gue masih awam sama handlettering, ngeliat jagoan-jagoan yang karyanya masya Allah 😂. Trus ikutan meetup sampe kenal beberapa jagoan. Trus mulailah latihan dan mengasah skill terus menerus setiap hari, gaada bosennya, sampe satu-persatu para jagoan yang gue respect ke mereka mulai ngefollow gue, kita suka dm-an, dan bahkan jagoan yang nggak gue pikir bakal ngefollow gue akhirnya pun ngefollow gue. Padahal gue gaada seujung jempol sama skill dan pengalaman dia. Semuanya butuh proses dan kerja keras. Makasih banyak untuk semua jagoan yang terus menginspirasi gue sampe sekarang. Mudah-mudahan gue juga bisa menginspirasi orang lain juga kaya kalian semua. Gue mau ngetag satu-satu tapi kayaknya kebanyakan wkwk 😂. Untuk kalian yang masih berusaha, tetaplah berusaha, jangan pernah berhenti, kita menunggu kalian untuk…

Hijab yang Terlihat - Part 2

Kemarin udah upload dan dicantumin sumbernya juga. Sekarang aku pengen mengutarakan keresahan yang aku alami. Jadi gini, saat ini aku tinggal di bandung, dan Alhamdulillah disana udah lumayan banyak akhwat yang mengerti soal menutup aurat, dan bahkan banyak yang pake cadar juga.
Sebelum mulai, mungkin aku akan intro sedikit. Mungkin kita sepakat, bahwa banyak perempuan-perempuan nggak berhijab yang ada di social media itu banyak pasang foto-foto endorse, iklan, selfie cantik, melakukan streaming saat mengerjakan sesuatu, dll. Nah, gimana pendapat temen-temen (yang terbiasa melakukan sunnah) mengenai hal itu? Mungkin itu adalah salah satu hal yang mubazir bukan? Mulai dari ngeliat wanita bukan mahrom, mungkin bisa bikin mata ada percikan-percikan dosa disana. Dan mungkin kita sepakat soal itu.
Nah, yang aku resahkan itu gimana soal akhwat yang hijabnya syar’i mungkin ada yang pake khimar tapi seperti itu juga? Pajang foto di social media. Jujur, awalnya aku biasa aja, liat likers-nya sam…

Hijab yang terlihat - Part 1

Bismillahirrohmanirrohim, sebelum memulai tulisan ini, aku akan memulai dengan kutipan yang aku ambil dari salah satu website islam di Indonesia:
Makna Hijab
Secara bahasa, hijab artinya penutup. الحِجابُ: السِّتْرُ “hijab artinya penutup” (Lisaanul Arab). Secara istilah, makna hijab adalah sebagaimana dijelaskan Al Munawi berikut ini: “Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136). Abul Baqa’ Al Hanafi juga menjelaskan: “setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab” (Al Kulliyat, 1/360).
Maka istil…

Farewell

Apa yang membuat suatu hal pantas untuk dikenang? Apakah dengan pergi ke tempat mewah? Atau apakah dengan menghabiskan uang untuk sesuatu? Jika iya, maka yang kita dapatkan hanyalah sebuah gambaran, bukan momen di dalamnya.
Apa yang membuat suatu kisah pantas untuk diceritakan? Apakah karena kita melakukan sesuatu yang luar bisaa? Atau apakah karena kita ingin dipuji oleh orang banyak? Jika iya, maka yang kita dapatkan hanyalah kebanggaan dalam diri sendiri, bukan kebersamaan dengan orang lain. Suatu hal bisa menjadi sebuah kisah, bisa menjadi sebuah kenangan, tergantung dari bagaimana cara kita meninggalkannya, juga tergantung dari bagaimana cara kita memaknainya. Kisah atau kenangan adalah sebuah memori yang terekam di pikiran kita yang terkadang mampir untuk mengingatkan kita. Membuat sebuah kisah tidaklah sulit, tidak seperti membangun gedung tinggi dengan berbagai material, juga tidak seperti membuat organisasi dengan berbagai aturan di dalamnya. Sebuah kisah hanya butuh 2 hal, ya…