Skip to main content

Posts

Hijab yang Terlihat - Part 2

Kemarin udah upload dan dicantumin sumbernya juga. Sekarang aku pengen mengutarakan keresahan yang aku alami. Jadi gini, saat ini aku tinggal di bandung, dan Alhamdulillah disana udah lumayan banyak akhwat yang mengerti soal menutup aurat, dan bahkan banyak yang pake cadar juga.
Sebelum mulai, mungkin aku akan intro sedikit. Mungkin kita sepakat, bahwa banyak perempuan-perempuan nggak berhijab yang ada di social media itu banyak pasang foto-foto endorse, iklan, selfie cantik, melakukan streaming saat mengerjakan sesuatu, dll. Nah, gimana pendapat temen-temen (yang terbiasa melakukan sunnah) mengenai hal itu? Mungkin itu adalah salah satu hal yang mubazir bukan? Mulai dari ngeliat wanita bukan mahrom, mungkin bisa bikin mata ada percikan-percikan dosa disana. Dan mungkin kita sepakat soal itu.
Nah, yang aku resahkan itu gimana soal akhwat yang hijabnya syar’i mungkin ada yang pake khimar tapi seperti itu juga? Pajang foto di social media. Jujur, awalnya aku biasa aja, liat likers-nya sam…
Recent posts

Hijab yang terlihat - Part 1

Bismillahirrohmanirrohim, sebelum memulai tulisan ini, aku akan memulai dengan kutipan yang aku ambil dari salah satu website islam di Indonesia:
Makna Hijab
Secara bahasa, hijab artinya penutup. الحِجابُ: السِّتْرُ “hijab artinya penutup” (Lisaanul Arab). Secara istilah, makna hijab adalah sebagaimana dijelaskan Al Munawi berikut ini: “Hijab adalah segala hal yang menutupi sesuatu yang dituntut untuk ditutupi atau terlarang untuk menggapainya. Diantara penerapan maknanya, hijab dimaknai dengan as sitr (penutup), yaitu yang mengalangi sesuatu agar tidak bisa terlihat. Demikian juga al bawwab (pintu), disebut sebagai hijab karena menghalangi orang untuk masuk. Asal maknanya, hijab adalah entitas yang menjadi penghalang antara dua entitas lain” (At Tauqif ‘ala Muhimmat At Ta’arif, 1/136). Abul Baqa’ Al Hanafi juga menjelaskan: “setiap yang menutupi hal-hal yang dituntut untuk ditutupi atau menghalangi hal-hal yang terlarang untuk digapai maka itu adalah hijab” (Al Kulliyat, 1/360).
Maka istil…

Hakikat Pernikahan

Hulahula huupp, mau nulis lagii nih hahah. Jadi tahun ini banyak banget yang patah hati gaes, pertama Raisa udah tunangan yang katanya dijadiin hari patah hati nasional, trus ada orang korea yang ngumumin bakal nikah juga dalam waktu deket kalo gasalah namanya song jong ki (eh, bener ga sih? Wkwk) dan katanya dijadiin hari patah hati internasional, yang terakhir ada Muzammil habib yang nikah juga dan katanya dijadiin hari sakit hati dunia akhirat, hahah. Okee, terlepas dari itu semua aku pengen cerita sedikit apa itu arti “pernikahan” menurutku sendiri, jadi no offense yaa gaes, judulnya emang sengaja clickbait biar diklik berhubung jaman sekarang udah jarang orang nulis blog wkwk.
Yang pertama, menurut aku pernikahan itu bukan soal dulu-duluan, baper-baperan, atau jadi ajang gengsi, melainkan pernikahan adalah hasil dari kesiapan dua hati yang telah ditakdirkan oleh Allah Subhanahuwata’ala untuk menyempurnakan agama. Jadi, karena sekarang lagi pada baper dan lagi zamannya soal nikah mu…

Farewell

Apa yang membuat suatu hal pantas untuk dikenang? Apakah dengan pergi ke tempat mewah? Atau apakah dengan menghabiskan uang untuk sesuatu? Jika iya, maka yang kita dapatkan hanyalah sebuah gambaran, bukan momen di dalamnya.
Apa yang membuat suatu kisah pantas untuk diceritakan? Apakah karena kita melakukan sesuatu yang luar bisaa? Atau apakah karena kita ingin dipuji oleh orang banyak? Jika iya, maka yang kita dapatkan hanyalah kebanggaan dalam diri sendiri, bukan kebersamaan dengan orang lain. Suatu hal bisa menjadi sebuah kisah, bisa menjadi sebuah kenangan, tergantung dari bagaimana cara kita meninggalkannya, juga tergantung dari bagaimana cara kita memaknainya. Kisah atau kenangan adalah sebuah memori yang terekam di pikiran kita yang terkadang mampir untuk mengingatkan kita. Membuat sebuah kisah tidaklah sulit, tidak seperti membangun gedung tinggi dengan berbagai material, juga tidak seperti membuat organisasi dengan berbagai aturan di dalamnya. Sebuah kisah hanya butuh 2 hal, ya…

Hobi yang terlupakan

Hollahh, udah lama ga nulis blog lagii niih. Gaada yang kangen dah? Ohiya di postingan kali ini aku cuma mau promote ajaa, mudah-mudahan nambah followers yak? wkwk nanti aku cerita panjang kalo udah muncul mood-nya.
Follow kuy: www.instagram.com/almarsus

Typography and Calligraphy

Udah lama ga posting neeh, pengen posting hasil karya ajalaa ;) check out my works on instagram: @almarsus









Sahabat.

Waktu itu berjalan terus menerus. Tidak ada orang yang bisa menghentikan waktu, maupun mengulang kejadian masa lalu. Setiap detik yang berlalu adalah sejarah, aku ingat semua teman-teman yang pernah mampir dalam kehidupanku. Akan ada yang datang, dan akan ada yang pergi. Tidak akan ada yang menetap. Kita hanya hidup sendirian, hanya diri kitalah yang bisa kita kendalikan. Aku berterima kasih kepada seluruh orang di dunia ini yang pernah menjadi temanku secara utuh, karena kalian aku bisa bersosialisasi. Karena kalian aku bisa menjadi seorang pribadi yang percaya diri, tidak menutup diri. Aku bisa mengerti dunia luar, mengerti arti solidaritas, mengerti apa itu jiwa seorang pemimpin, mengerti bagaimana cara mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf. Masa lalu adalah sejarah hari ini, hari ini adalah sejarah masa depan, realitas masa lalu akan menjadi kenangan saat ini, dan realitas hari ini akan menjadi pelajaran di masa yang akan datang.