Skip to main content

10 Kesalahan saat Ramadhan..



Yoi masbro, para readers :D apa kabar? Mumpung beberapa hari lagi kita bakal kedatengan tamu yang paling istimewa sejagat raya, siapa lagi kalo bukan Ramadhan? Cuma mau ngeshare sedikit beberapa kesalahan  yang biasanya kita lakuin pas menjelang Ramadhan ataupun saat bulan Ramadhan itu sendiri..
1.       Kita Tidak Cinta dengan bulan Ramadhan.
Nah, ini nih yang biasanya ada di awal bulan ramadhan.. kita nggak cinta sama bulan tersebut, yang ada malah acuh tak acuh, kita nggak menyambut datangnya bulan tersebut. Giliran sama pacar aja, pas baru jadian langsung dispesial-spesialin, giliran bulan ramadhan? Kita malah biasa aja, malah ada yang ngomong ‘eh, kita makan yang banyak sekarang. Besok-besok gabakal bisa makan lagi’ Astaghfirullah -_-
2.       Memasuki Ramadhan tanpa ilmu yang cukup.
Ketika kita menyambut tamu istimewa, misalnya menteri, presiden atau apalah yang menurut kita istimewa, pasti kita banyak persiapan dong? Ya ga? Mulai dari tempat, makanan, pakaian, macem-macem lah pokoknya. Nah, kalo pas ramadhan? Apa yang udah kita siapin buat menyambutnya? Apa kita udah dapet ilmu tentang ibadah di bulan ramadhan? Apa kita Cuma sekedar ikut-ikutan orang puasa tapi nggak tau manfaatnya?
3.       Tidak Sahur.
Biasanya kita pas bulan ramadhan sekali-kali suka terlambat sahur, ya kan? Sebenernya diusahain selama ramadhan kita jangan sampe sekalipun terlambat sahur, soalnya banyak banget berkah yang ada disana dan itu juga sebagai tanda persiapan kita dalam menghadapi puasa. Setiap hal yang kita lakukan yang hukumnya mubah tapi jika kita lakukan dengan tujuan beribadah, maka hal itu bisa dianggap sebagai ibadah
4.       Mengabaikan waktu mustajab sahur.
Kalo kita abis sahur, jangan langsung tidur lagi atau misalnya nonton tipi -_- mendingan kita sholat beberapa rakaat sekaligus berdoa kepada Allah, waktu sahur adalah salah satu waktu yang tepat bagi kita untuk berdoa dan Allah akan meng-ijabah doa kita di waktu tersebut
5.       Mengabaikan waktu mustajab saat ingin berbuka.
ini juga yang biasanya paling sering kita lakukan, menunggu berbuka sambil mantengin tipi nungguin azan -_- ckckck, bro-sis sebenernya kita bisa berdoa pada saat ingin berbuka, baca qur’an, bukan malah nonton tipi nungguin azan
6.       Tarawih 10 hari pertama.
Ini nih yang biasa dilakuin orang Indonesia, tarawih cuma 10 hari pertama! Ramadhan itu 30 hari bro-sis, jangan semangat tarawih pas 10 hari doang. Lagian juga jangan kaya anak kecil pas sholat tarawih malah main petasan. Parah..
7.       Mengabaikan 10 hari terakhir.
Kalo tadi 10 hari pertama, sekarang 10 hari terakhir. Biasanya kita pas 10 hari terakhir malah kejebak macet dijalan, harusnya di 10 hari terakhir itu kita justru makin memperbanyak ibadah kita! Tinggal 10 hari coy! Coba aja bayangin kalo misalnya kita mau ditinggal sama sesuatu yg penting, pasti kita bikin kesan terbaik kan? Sejenis dadah-dadahan gitu :D makanya harusnya kita I’tikaf di mesjid selama 10 hari terakhir..
8.       Tidak mengejar malam lailatul qadar.
Kalian tau malam lailatul qadar? Di surah al-qadr ayat 3 yang artinya ‘Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.’ Gimana? Asik ga sih? Kita dikasih satu malam yg sangat spesial! Wow! Paling kalo misalnya itu benda, udah kaya berlian+permata+intan+emas+perak+dll+dsb yang kalo kita ngeliat bisa bilang ‘WOW’ sampe teguling trus jatoh dari gedung pencakar langit.  Gimana ga enak coba? Tapi kenyataannya? Ada ga sih diantara kita yg nunggu malam lailatul qadar?
9.       Tidak punya target khatam.
Baca al-qur’an satu buku? Buset! Banyak amat! Itu yang ada di pikiran kita sehari-hari, tapi coba kita liat berapa jam kita menghabiskan waktu buat twitteran? Fban? Smsan? Telponan? Main game? Socmed? Berapa banyak tweet yang kita tulis? Al-qur’an itu ada 6.666 ayat, sedangkan tweet kita aja ada yang sampe puluhan ribu. Makanya dibulan ramadhan ini kita harus punya target khatam minimal sekali! Coba misalnya kita baca setiap abis sholat 5 lembar aja, pasti nyampe kok 1 kali khatam al-qur’an..
10.   Tidak berubah setelah Ramadhan.
Ini yang terakhir, harusnya setelah selesai ramadhan kita menjadi lebih baik lagi, makin banyak sholat, zikir, puasa sunnah, sedekah, dll.. trus juga tinggalin tuh kebiasaan buruk pas sebelum ramadhan.

Kesimpulan : Bulan Ramadhan itu bulan yang penuh berkah bro-sis, banyak doa yang bisa dikabulin, pahala dilipat gandakan, kebaikan numpuk, nahloh kurang apalagi coba? Makanya yang ngerasa banyak dosa, yang suka ngomong bikin dosa, yang suka nonton pilem dosa, yang suka melakukan dosa, saatnya sekarang bertobat trus jangan diulangin lagi setelah ramadhan, oke? Buat yang jomblo, banyak-banyak doa aja siapa tau ketemu jodohnya pas selesai puasa, jodoh beneran kaya di al-qur-an surah al-ahzab ayat 35 (kalo gasalah), buat yang mau berubah menjadi lebih baik ayo sama-sama kita perbaiki diri di bulan ini, mudah-mudahan dengan niat yang ikhlas kita diberikan berkah di tanggal 1 syawal nanti, amiin..

Comments

Popular posts from this blog

Work Hard until Your Idols become Your Rivals

"Work Hard until Your Idols become Your Rivals" " Kerja keras, sampe orang yang menginspirasi lu ngefolbek elu,wkwk. Itu yang gue alamin, mulai dari nol, ketika gue masih awam sama handlettering, ngeliat jagoan-jagoan yang karyanya masya Allah 😂. Trus ikutan meetup sampe kenal beberapa jagoan. Trus mulailah latihan dan mengasah skill terus menerus setiap hari, gaada bosennya, sampe satu-persatu para jagoan yang gue respect ke mereka mulai ngefollow gue, kita suka dm-an, dan bahkan jagoan yang nggak gue pikir bakal ngefollow gue akhirnya pun ngefollow gue. Padahal gue gaada seujung jempol sama skill dan pengalaman dia. Semuanya butuh proses dan kerja keras. Makasih banyak untuk semua jagoan yang terus menginspirasi gue sampe sekarang. Mudah-mudahan gue juga bisa menginspirasi orang lain juga kaya kalian semua. Gue mau ngetag satu-satu tapi kayaknya kebanyakan wkwk 😂. Untuk kalian yang masih berusaha, tetaplah berusaha, jangan pernah berhenti, kita menunggu kalian u

Definisi dari "Collect Moments not Things"

Jika ada orang yang bertanya siapa yang orang pertama yang kamu cintai dalam senior residents, mungkin aku akan memilih orang ini sebagai yang pertama dan terakhir. Karena tanpa dia aku bukan siapa-siapa, Bertahun-tahun menjadi pemimpin dari sebuah organisasi baru kali ini ngerasa memiliki partner yang "klop" dan aku merasa bahwa aku adalah salah satu orang yang paling beruntuk ketika bertemu dengannya. Perempuan ini tidak terlalu cantik menurut aku (karena banyak temen-temen aku yang menurut aku jauh lebih cantik), perempuan ini tidak terlalu baik juga (karena terkadang suka ngomel-ngomel) tapi luar biasanya perempuan ini tempat bercerita, brainstorming, tempat minta saran, juga tempat meluapkan kelelahan-kelelahan selama aku menjadi seorang senior residents, entah kenapa kalo aku lagi lelah dan jenuh sama tugas-tugas kuliah atau organisasi diluar, pas ada kumpul senior residents dan aku ngeliat ada dia disana itu udah cukup menghilangkan kejenuhan aku selama seharian, da

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p "Simple Is Beautiful" ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?" nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini.. yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan.. kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu y