Skip to main content

tentang PeDe atau Percaya Diri

Percaya diri itu dibangun, bukan sesuatu yang jatuh begitu aja. Setuju ga? Apasih ciri orang yang percaya dirinya gede? Gimana cara membangun kepercayaan diri sendiri? Sekarang akan dibahas sedikit tentang itu.

Ciri-ciri orang yang PeDe:
1. Fleksibel dan mudah dalam bergaul. Orang yang pede biasanya cocok sama siapa aja, sama si ini akrab sama si itu juga akrab, kok bisa gitu? Lah wong dia pede toh, makanya gampang bergaul.

2. Nggak malu kalo menyatakan pendapat. Ini yang susah didapetin orang-orang yang nggak pede, biasanya mereka malu bertanya dan akhirnya sesat di jalan, kalo orang pede? Dia gaada rasa malu untuk menyatakan pendapat karena dia memiliki kepercayaan yang tinggi.
3. Mau menerima tanggung jawab. Jangan salah loh, kalo kita menolak ini-itu biasanya hal itu terjadi karena kita kurang pede sama hal yang dibebankan ke kita, iya ga? Disuruh ngomong di depan, kita nolak. Berarti kita emang nggak pede ngomong di depan. Tapi kalo orang pede, biasanya langsuk sikat aja tuh, walopun kadang suka nggak tau mau ngapain, yang penting pede.
4. Yakin kalo dia bisa dan yakin dengan hasilnya. Ini yang jadi salah satu ciri orang pede, dia itu cepet menangkap apa yang bisa dikerjakannya, dan dia juga yakin dengan proses yang maksimal akan menghasilkan sesuatu yang maksimal pula.

Nah, itu sekilas tentang PeDe, gimana cara membangun hal itu? Cekidot:
1. Berani dulu, urusan salah atau benar itu belakangan. Yang paling penting itu apa? Yaah kita yakinkan dalam diri kita kalo kita bisa menyelesaikan masalah atau mengambil tanggung jawab itu. Kalo salah? Bisa dibenerin kok ;) yang penting orientasinya kita harus berani dulu.
2. Banyakin pengalaman. Orang yang dikit pengalaman biasanya nggak pede melakukan hal ini-itu tapi beda halnya dengan orang yang bisa ini-itu, biasanya dia pede melakukan apa aja. Itu bedanya.
3. Memiliki prinsip yang kuat. Ini juga salah satu syarat untuk menjadi orang pede, kalo kita nggak punya prinsip untuk membentuk karakter kita, mana bisa kita maju ke depan dan berbicara didepan orang banyak?
4. Yakinkan kalo kita tidak sendirian. Rame-rame ternyata juga bisa nambah percaya diri loh :D makanya kita harus yakin kalo kita ada yang mendukung, kalo kita udah pede tapi gaada yang ngedukung? Bisa-bisa ke-pede-annya hilang saat itu juga.

Ada satu nasihat dari orangtua aku untuk orang yang percaya diri. "Janganlah terlalu percaya diri, karena jika kamu terlalu percaya diri, maka kamu akan merasa bahwa kamu adalah orang yang paling benar di dunia. Bahkan kamu bisa jadi beranggapan bahwa dunia ini hanya milikmu sehingga hatimu menjadi keras dan susah menerima pendapat atau kritikan dari orang lain."

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

Review: anime Buddy Complex

lagi mau nge-review anime judulnya 'Buddy Complex' reviewnya sekilas ini:On the first day back after summer break, high-school student Aoba is attacked by a giant robot that appears out of the sky. As he's pursued through the city, his classmate Hina appears in a robot of her own. She rescues him, and tells him cryptically that "Dio is waiting for you", before she disappears. This begins Aoba's new life as the pilot of the Free Treaty Alliance against the Great Zogiria Republic.
Read more at http://myanimelist.net/anime/21437/Buddy_Complex#qr4yOQPKLKvkEhJ1.99
Artinya (google translet) : Pada hari pertamakembalisetelahliburan musim panas,siswa SMAbernama Aobadiserang olehrobotraksasayang munculdari langit.Karena diadikejarmelalui kota,teman sekelasnya yang bernama Hinamuncul dengan menggunakanrobotsendiri.Hinamenyelamatkandia,dan mengatakan kepadanyabahwa"Dio menunggu Anda (Aoba)",sebelum akhirnya Hinamenghilang. Saat itulahdimulaikehidupan baruA…