Skip to main content

konsep diri

sekarang aku lagi mau nulis tentang konsep diri..
konsep diri yaitu sikap dan pandangan seseorang terhadap keseluruhan kondisi dirinya, dan hasilnya yaitu berupa gambaran dan pencitraan terhadap dirinya sendiri. Contoh: saya ihsan almarshus, anak kedua dari tiga bersaudara, sekarang berumur 15 tahun. dari contoh itu, jelas sekali bahwa gambaran tersebut bersifat obyektif.. namun ketika sudah memberikan penilaian terhadap diri tersebut yang obyektif, maka itulah yang disebut sebagai pencitraan diri.
jika kita mampu membangun konsep diri, maka kita akan lebih bijaksana dalam menyikapi orang lain.
dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsep diri yaitu:
kondisi fisik: banyak sekali individu yang memiliki konsep diri yang buruk karena kondisi fisik yang dia miliki, contohnya ketika orang tersebut memiliki kekurangan kesempurnaan dalam anggota tubuhnya otomatis orang tersebut akan menjadi tidak pede kepada teman-temannya yang sempurna, oleh karena itulah konsep dirinya akan menurun dan mungkin suatu saat dia akan terpuruk.
nama dan julukan: nama adalah doa, oleh karena itu ketika kita memiliki nama yang baik pasti bisa membuat konsep diri kita menjadi lebih baik, begitu juga dengan julukan.. jika kita dihina dengan julukan yang jelek atau buruk, mungkin saja itu akan membuat kita down, dan kepercayaan diri kita hilang sehingga konsep diri kita pun jelek.
tokoh idola: tokoh idola pun juga sama, jika idola kita baik pasti konsep diri yang kita miliki itu baik, dan sebaliknya jika idola kita buruk, konsep diri kita juga pasti buruk.
lingkungan keluarga: lingkungan keluarga juga menjadi pengaruh dalam membimbing kita untuk memiliki konsep diri yang baik, bagaimana keadaan keluarga begitulah konsep diri orangnya, karena itu ciptakanlah lingkungan keluarga yang nyaman, terjaga, dan damai.
lingkungan pergaulan: ketika kita memiliki teman yang buruk, maka  kita akan ikut menjadi buruk.. untuk itulah kita sangat penting untuk memilih teman yang baik, dan bisa menjadikan konsep diri kita baik pula..

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p
"Simple Is Beautiful"
ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?"
nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini..
yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan..

kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu yang simpe…