Skip to main content

konsep diri

sekarang aku lagi mau nulis tentang konsep diri..
konsep diri yaitu sikap dan pandangan seseorang terhadap keseluruhan kondisi dirinya, dan hasilnya yaitu berupa gambaran dan pencitraan terhadap dirinya sendiri. Contoh: saya ihsan almarshus, anak kedua dari tiga bersaudara, sekarang berumur 15 tahun. dari contoh itu, jelas sekali bahwa gambaran tersebut bersifat obyektif.. namun ketika sudah memberikan penilaian terhadap diri tersebut yang obyektif, maka itulah yang disebut sebagai pencitraan diri.
jika kita mampu membangun konsep diri, maka kita akan lebih bijaksana dalam menyikapi orang lain.
dan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi konsep diri yaitu:
kondisi fisik: banyak sekali individu yang memiliki konsep diri yang buruk karena kondisi fisik yang dia miliki, contohnya ketika orang tersebut memiliki kekurangan kesempurnaan dalam anggota tubuhnya otomatis orang tersebut akan menjadi tidak pede kepada teman-temannya yang sempurna, oleh karena itulah konsep dirinya akan menurun dan mungkin suatu saat dia akan terpuruk.
nama dan julukan: nama adalah doa, oleh karena itu ketika kita memiliki nama yang baik pasti bisa membuat konsep diri kita menjadi lebih baik, begitu juga dengan julukan.. jika kita dihina dengan julukan yang jelek atau buruk, mungkin saja itu akan membuat kita down, dan kepercayaan diri kita hilang sehingga konsep diri kita pun jelek.
tokoh idola: tokoh idola pun juga sama, jika idola kita baik pasti konsep diri yang kita miliki itu baik, dan sebaliknya jika idola kita buruk, konsep diri kita juga pasti buruk.
lingkungan keluarga: lingkungan keluarga juga menjadi pengaruh dalam membimbing kita untuk memiliki konsep diri yang baik, bagaimana keadaan keluarga begitulah konsep diri orangnya, karena itu ciptakanlah lingkungan keluarga yang nyaman, terjaga, dan damai.
lingkungan pergaulan: ketika kita memiliki teman yang buruk, maka  kita akan ikut menjadi buruk.. untuk itulah kita sangat penting untuk memilih teman yang baik, dan bisa menjadikan konsep diri kita baik pula..

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

Review: anime Buddy Complex

lagi mau nge-review anime judulnya 'Buddy Complex' reviewnya sekilas ini:On the first day back after summer break, high-school student Aoba is attacked by a giant robot that appears out of the sky. As he's pursued through the city, his classmate Hina appears in a robot of her own. She rescues him, and tells him cryptically that "Dio is waiting for you", before she disappears. This begins Aoba's new life as the pilot of the Free Treaty Alliance against the Great Zogiria Republic.
Read more at http://myanimelist.net/anime/21437/Buddy_Complex#qr4yOQPKLKvkEhJ1.99
Artinya (google translet) : Pada hari pertamakembalisetelahliburan musim panas,siswa SMAbernama Aobadiserang olehrobotraksasayang munculdari langit.Karena diadikejarmelalui kota,teman sekelasnya yang bernama Hinamuncul dengan menggunakanrobotsendiri.Hinamenyelamatkandia,dan mengatakan kepadanyabahwa"Dio menunggu Anda (Aoba)",sebelum akhirnya Hinamenghilang. Saat itulahdimulaikehidupan baruA…