Skip to main content

Seorang Pemimpin

aku denger cerita ini dari pengajian..
"Zaman dahulu kala, sekitar abad 14/15 M ada seorang pemuda berusia 19 tahun dan beliau sudah menjadi panglima besar di negaranya, beliau adalah orang yang sangat cerdas dan pintar yang mampu menguasai banyak mata pelajaran. Pada suatu hari, ketika tentaranya sedang beristirahat, sang panglima berjalan ke tengah dan naik ke gundukan pasir agar sedikit lebih tinggi dari para tentaranya. Lalu beliau berkata 'Wahai tentaraku! Siapa diantara kalian yang ingin ikut berperang bersamaku?' semua tentara berdiri lalu mengatur barisan, mereka berkata dengan serentak 'Kami!' lalu si panglima berkata 'Jika kalian ingin berperang bersamaku, maka kalian harus menjalani ujian!' semua tentara kebingungan mendengat jawaban tersebut, si panglima berkata lagi dengan lantang sekaligus mengacungkan jarinya keatas 'Siapa diantara kalian yang ketika baligh sampai sekarang pernah meninggalkan sholat wajib, maka duduklah!' satu orang duduk, dua orang, tiga orang, sepuluh orang, duapuluh orang duduk. Dia berkata lagi 'Siapa diantara kalian yang ketika baligh sampai sekarang pernah meninggalkan puasa, maka duduklah!' lima puluh orang duduk, seratus orang duduk, dua ratus orang pun duduk. Beliau berkata lagi 'Siapa diantara kalian yang ketika baligh sampai sekarang pernah meninggalkan sholat tahajud, maka duduklah!' lima ratus orang duduk, seribu orang, dua ribu orang duduk, sampai akhirnya semuanya pun duduk. Hanya tersisa satu orang yang masih berdiri, yaitu si 'Panglima'nya yang tidak pernah meninggalkan puasa, sholat wajib dan tahajud.. beliau adalah Muhammad Al-Fatih seorang panglima besar sesudah Salahuddin al ayyubi, beliau lah yang mampu mewujudkan hadits Rasulullah SAW dengan menaklukan kota konstantinopel ke tangan orang islam'
yaah, mungkin dari situ bisa diambil banyak pelajaran, terutama bagaimana kita menjadi seorang pemimpin..

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p
"Simple Is Beautiful"
ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?"
nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini..
yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan..

kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu yang simpe…