Skip to main content

Belajar? enjoy aja ~

lagi mau bagi-bagi tips belajar buat orang yang suka males belajar.. mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi, sebenernya ini pengalaman pribadi sih makanya kalo nggak bisa ngikutin yaa pake cara lain, soalnya belajar itu sama kaya tulisan atau tanda tangan, kita nggak bisa niru cara orang lain nulis.. kecuali kita yang nemuinnya sendiri.. ini cara belajar enjoy versi saya :

1. Belajar sambil makan / ngemil

ini yang paling sering aku lakuin, kalo lagi belajar itu biasanya bikin perut laper -_- makanya ga enak kalo belajar nggak ngunyah makanan, bolehlah belajar sambil bawa-bawa snack ringan + minuman ;) biar bikin semangat..

2.  Belajar sambil nonton

nahloh, masa ada? emang bisa? iya ada, bisa! siapa bilang kalo belajar sambil nonton itu dilarang? tapi kita harus bisa ngimbangin, misalnya pas lagi film kita nonton, trus pas iklan kita belajar, simpel kan? masuk ke otak? bisa aja tergantung masing-masing orang..

3. Belajar sambi nge-game sekaligus onlen

ini kalo kita belajar pake komputer + jaringan internet, biasanya tangan kita gatel duluan ngeklik ikon game atau nggak ngetik pesbuk duluan, haha *kebiasaan* tapi jangan dilupain pelajaran yang harus kita kerjain ;) kalo untuk hal ini emang biasanya prosesnya lebih lama (kemakan sama waktu ngegame, online, fb, twitter, dll) tapi kalo kita bisa multitasking gampang kok :D

4. Belajar kelompok

yang paling asik itu belajar kelompok, gimana nggak? kita bisa sekaligus curhat-curhatan, ketawa-ketiwi, dll tapi tetep prioritas utamanya yaitu belajar, jangan kelewatan..

5. Belajar sambil dengerin musik

kalo ini biasanya udah sering dilakukan sebagian orang, soalnya katanya lebih bisa bikin tenang sekaligus lebih gampang nyerap pelajaran, coba aja deh B-)

6. Bermain sambil belajar

loh? kok bisa? siapa bilang gabisa? inget ga waktu TK? waktu kita TK itu mottonya 'Belajar sambil bermain' apa 'Bermain sambil belajar'? yang kedua kan? yaudah kita bikin aja permainan yang menyangkut dengan pelajaran, kaya misalnya ToD versi biologi, kalo milih T suruh jawab pertanyaan, kalo D suruh ngejelasin, gampang kan? ;)

7. Belajar sambil tidur

naah, ini yang paling aku senengin, haha.. jadi waktu dulu aku smp, setiap malem sekitar jam 10an (abis pelajaran tambahan di pesantren) setiap kali belajar biasanya aku dateng ke masjid (masjidnya deket sama asrama) sekalian bawa bantal + alarm, jadi pertama nyetel alarm dulu sekitar jam 1-2an abis itu kita belajar, yaah kalo belajar paling kuat berapa menit sih? 1 jam aja ganyampe, kalo udah bosen atau ngantuk yaudah tidur aja, nanti jam 1 atau jam 2 bangun lagi, wudhu + sholat qiyamulllail sekalian lanjutin belajar ;D kalo ngantuk lagi? tidur aja lagi, setel alarm sebelum shubuh biar nggak telat.. simpel kan?

pesan TS: paling seru kalo bisa ngegabungin semuanya jadi satu, aku sering banget ngegabungin semua kegiatan yang bikin enjoy pelajaran diatas jadi satu, kita ngumpul rame-rame, ada stok makanan+minuman, ada laptop+internet buat online, kita bikin game pertanyaan, sekalian nonton bola, jangan lupa bantalnya juga :D pokoknya belajar itu jadi enjoy deh ;) nggak kaku..

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p
"Simple Is Beautiful"
ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?"
nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini..
yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan..

kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu yang simpe…