Skip to main content

Uhibbuk liannallah

waktu aku lagi iseng baca-baca buku tentang hadits shahih bukhari - muslim, tiba-tiba aku ngebaca salah satu hadits yang bunyinya gini:
“Sesungguhnya Allah SWT pada hari kiamat berfirman : “Dimanakah orang yang cinta mencintai karena keagungan-Ku? Pada hari ini Aku akan menaungi dengan menunggu-Ku dihari yang tiada naungan melainkan naungan-Ku” (H.R. Muslim)
tiba-tiba aku keinget, apakah selama ini jalan cinta yang aku tempuh itu sudah merupakan suatu kebenaran yang diridhoi oleh Allah? aku juga inget ketika awal aku mengenal yang namanya kecintaan karena Allah, cinta karena Allah itu adalah suatu perasaan cinta terhadap seseorang yang bisa membuat orang tersebut lebih mendekatkan diri kepada Allah, bahkan bisa lebih jauh terhadap-Nya dibandingkan orang yang dicintainya tersebut itulah cinta karena Allah..
aku pernah denger di sebuah ceramah "ada seorang pencuri yang ingin menikahi seorang wanita kaya raya, tetapi wanita tersebut adalah wanita sholehah, dan ayah dari wanita tersebut hanya setuju jika anaknya dinikahkan dengan seorang yang sholeh. lalu apa yang dilakukan si pencuri? dia pun berpura-pura ke masjid setiap hari, ikut pengajian dengan tujuan agar bisa dinikahkan dengan perempuan tersebut dengan tujuan jika dinikahkan maka hidupnya akan terjamin. satu tahun berlalu, dua tahun, tiga tahun, si pencuri tidak juga dinikahkan dengan wanita tersebut. sampai akhirnya 5 tahun berlalu, ayah dari si wanita tersebut akhirnya memutuskan bahwa anaknya akan dinikahkan dengan pria paling sholeh di masjid, yaitu si pencuri tersebut. lalu apa jawaban si pencuri tersebut? 'Ya akhi, sudah 5 tahun berlalu sejak saya yang awalnya seorang pencuri itu pertama kali mendengar bahwa disini ada seorang wanita cantik jelita yang juga seorang anak dari saudagar kaya, tetapi sayangnya wanita tersebut hanya bisa dinikahkan oleh pria sholeh, maka pada saat itu juga saya berpura-pura menjadi orang yang sholeh. tapi setelah 5 tahun berlalu, niat awal saya berubah, saya jadi lebih cinta kepada tuhan saya dibandingkan putri anda, saya tidak lagi berpikir bahwa saya beribadah hanya untuk mendapatkan putri anda, saya hanya berpikir beribadah untuk diri saya sendiri, bahkan saya telah lupa dengan putri anda.' si bapak dari wanita tersebut tersenyum 'itulah cinta karena Allah, dan karena kamu berhasil memahaminya, terimalah hadiah dari Allah yaitu putriku' akhirnya si pencuri tersebut menikah dengan wanita sholehah dengan dasar kecintaan karena Allah.
apa yang bisa kita tangkap?
1. bahwa ternyata sebuah keikhlasan dan kecintaan karena Allah itu bukan sebuah proses yang cepat, butuh waktu lama, bahkan bisa bertahun-tahun.
2. hasil yang dicapai karena kecintaan karena Allah adalah sebuah harga mutlak, karena sebuah tali ikatan yang dilandaskan ridho Allah akan dijaga, disatukan, dan dipertemukan di dunia maupun di akhirat.
3. seseorang yang mencintai bukan karena Allah pasti akan terputus. entah itu didunia maupun di akhirat, bahkan bisa menjadi jebakan bagi mereka untuk masuk kedalam neraka.
4. cinta karena Allah adalah sebuah cinta yang dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan seseorang, bukan menjadi sebuah beban dalam pikiran yang hanya akan membuat lalai dalam beribadah.
5. sabar, Allah pasti akan memberikan yang terbaik untuk hambanya. Pria yang baik hanya untuk wanita yang baik, begitupun sebaliknya. karena itu jangan berharap kita ingin mendapatkan seseorang yang baik sedangkan kita sendiri belum maksimal dalam berbuat kebaikan.

Comments

Popular posts from this blog

Kenapa selalu Islam yang dianggap teroris?

kalo kita liat di berita-berita biasanya yang suka melakukan aksi terorisme itu orang islam.. tapi sebenernya terorisme itu (dari kata dasar teror) adalah suatu hal yang kadang suka salah dalam pemahamannya.. coba kalo misalnya kita perhatiin, orang yang dianggap teroris itu orang yang berjenggot, istrinya pake cadar, anaknya hafidzoh, tapi kenapa mereka bisa dianggap teroris? kadang dalam benak kita selalu kepikiran 'idih, orang alim kaya gitu kok malah jadi teroris? ngotor-ngotorin nama baik agama islam aja' bener ga? sekarang gini, mari kita coba melihat suatu hal dengan kepala dingin, mata kepala yang jernih.
sebenernya nggak cuma orang islam yang alim doang yang dianggap teroris, bahkan orang yang menegakkan hukum islam pun bisa dianggap teroris, kenapa demikian? karena dunia itu 95% penghuninya sudah dibawah kendali syetan. serem nggak sih? eh tapi seriusan loh, siapapun orangnya yang menegakkan hukum islam di Indonesia ataupun di dunia maka akan dianggap teroris, mari k…

simple is beautiful

okeeh, satu hal yang aku lupain.. harusnya postingan ini udah aku tulis sejak awal bikin blog tapi gapapalah, namanya juga manusia.. hehe :p
"Simple Is Beautiful"
ada temen yang nanya "emang artinya apaan sih?"
nah, itu dia yang mau aku jelasin sekarang di tulisan ini..
yang pertama yaitu Simple : artinya simpel atau sederhana atau biasa aja kalo dalam bahasa kita, sedangkan Beautiful : itu artinya cantik, indah, bagus, dan yang sama maknanya dengan hal yang mengandung keindahan..

kenapa dari dua kata itu aku jadiin satu? soalnya aku suka semua yang sederhana, sesuatu yang sederhana itu bisa membuat otak kita menjadi fresh, dan bisa juga bertambah semangat :) bayangkan jika kita dihadapkan pada pemandangan yang luas atau pemandangan yang sempit? pasti kita memilih yang luas bukan? mana yang lebih kalian pilih dalam menghitung matematika? rumus yang panjang belibet-libet atau yang cepat dan efisien? pasti kalian akan memilih yang lebih cepat.. dari sesuatu yang simpe…